oleh

Kudapan Sehat Penyintas Kanker Saat Pandemi COVID-19

Surabaya – Pasien kanker atau penyintas kanker harus lebih waspada saat pandemi COVID-19. Memilih makanan juga menjadi perhatian serius. Salah satu kudapan sehat yang direkomendasikan bagi penyintas kanker ialah smoothies.

Dokter spesialis onkologi radiasi, dr Yoseph Adi Kristian SpOnkRad dari Adi Husada Cancer Center (AHCC) memberikan tips bagaimana membuat smoothies yang dapat menunjang kebutuhan gizi penyintas kanker.

“Bahan-bahan yang digunakan ialah frozen banana, frozen strawberry atau berry lainnya sesuai selera, youguart, cuka apel secukupnya,” kata dokter Yoseph di RS Adi Husada Undaan Wetan, Kamis (3/3/2021).

Baca Juga  Badan POM Diminta Dorong Pengembangan Vaksin Nusantara

Selain itu, perlu ditambahkan ginger powder, jahe bubuk dan kunyit bubuk. Bahan-bahan ini kaya akan antioksidan yang baik untuk penyintas kanker.

“Biasanya karena efek pengobatan, penyintas kanker akan gampang mual saat makan. Bahan-bahan tersebut (ginger, kunyit dan jahe) dapat meringankan efek tersebut,” jelasnya.

Kemudian, bahan-bahan tersebut dihaluskan menjadi satu pada food prosesor. Untuk topingnya sendiri, bisa mengunakan ciasit, granola dan buah-buahan segar.

Baca Juga  Ibu Hamil Positif Covid-19 Diisolasi Terpusat di Hotel Tiara Banyumas

Smoothies juga dinilai baik untuk penyintas kanker karena bertekstur lembut. “Sehigga para penyintas kanker yang sulit makan bisa memakan smoothies yang juga bergizi,” ujarnya.

Selain itu, dalam satu mangkuk smoothies juga megandung, protein, kalori, zat besi hingga vitamin C yang diperoleh dari buah-buahan yang digunakan. Jus juga disarankan bagi penyintas kanker, tetapi jusnya jangan ditambah gula atau susu lagi.

Baca Juga  Pelajar Usia 12-17 Tahun Jalani Vaksinasi Covid-19

“Penyintas kanker juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan tinggi kalori dan tinggi protein,” pungkasnya.(*/cr4)

 

Sumber : jatim.siberindo.co

News Feed