oleh

China dan Rusia Sepakat Kerjasama Bangun Stasiun Luar Angkasa

CHINA – China dan Rusia sepakat membangun stasiun luar angkasa di bulan (ILRS) bersama yang akan terbuka untuk semua negara. Badan antariksa Rusia dan China menandatangani nota kesepahaman proyek tersebut pada Selasa (9/3). Kedua negara juga telah menandatangani perjanjian untuk bersama-sama membuat pusat data terkait eksplorasi bulan dan luar angkasa.

Baca Juga  Gubernur Banten, Melantik Tim Ajudikasi PTSL 2021 Se-Banten Secara Daring

“China dan Rusia akan menggunakan pengalaman kami yang terakumulasi dalam ilmu luar angkasa, penelitian dan pengembangan serta penggunaan peralatan luar angkasa dan teknologi luar angkasa untuk bersama-sama mengembangkan peta jalan pembangunan ILRS,” kata Badan Administrasi Luar Angkasa Nasional China melalui pernyataan.

Sementara itu, badan antariksa Rusia, Roscosmos, mengatakan kedua belah pihak juga membuka kesempatan bagi semua negara yang ingin bergabung dalam proyek tersebut, terutama dengan tujuan memperkuat kerja sama penelitian dan eksplorasi luar angkasa untuk tujuan damai demi kepentingan semua umat manusia.

Baca Juga  Kadin Pelopori Digitalisasi Ekonomi Nasional

Terkait detail stasiun, Roscosmos mengatakan ILRS akan menjadi fasilitas percobaan dan penelitian kompleks yang dibuat di permukaan bulan dan/atau di orbit bulan. (*/cr4)

 

Sumber : jogja.siberindo.co

News Feed