oleh

Warganet Temukan Siluet Seperti Wajah Tua Bersorban Di Potret Gunung Merapi

Jogja – Salah seorang warganet membagikan potret Gunung Merapi yang diambil dari kawasan Turi, Sleman. Sekilas pandang, warganet tersebut melihat seperti sosok orang berjanggut mengenakan sorban dari bentuk Gunung Merapi. Diunggah di Twitter, ada banyak warganet yang mengaku melihat penampakan wajah juga.

Potret Gunung Merapi tersebut dibagikan oleh akun Twitter @merapi_uncover daimbil dari warganet bernama Ngesti Wuryantoro. Foto yang diunggah menunjukkan kondisi gunung berapi yang tengah diselimuti beberapa kabut tipis. Teksturnya yang berpasir dan penuh lekukan nampak samar di balik kabut.

“Ini aku kena pareidolia apa yah. Seperti Nampak wajah berjenggot dan bersurban menengadah ke atas. Apa coba bentuk yang kalian lihat?,” tulis akun @merapi_uncover dalam cuitannya.

Baca Juga  Penghargaan Karya Sastra Ayat Bhuwana untuk Dahlan Iskan

Pemilik foto mengaku melihat wajah seseorang berjenggot dan mengenakan surban tengah menengadah ke atas dari foto gunungberapi yang dikelilingi kabut tersebut. Namun, akibat fantasinya itu pemilik foto sempat mempertanyakan apakah dirinya mengidap pareidolia.

Pareidoilia adalah sebuah fenomena psikologis yang melibatkan stimulus samar-samar dan acak yang dianggap penting. Contoh dari fenomen psikologis ini adalah melihat bentuk wajah, hewan dan benda lainnya pada awan, pasir, batu dan benda-benda lainnya atau mendengar pesan tertentu dari rekaman yang diputar berbalik.

Baca Juga  Calon Termuda untuk Kapolri

Meski demikian, pemilik foto juga mengajak warganet lainnya untuk ikut menebak, penampakan apa yang dilihat dari hasil potretnya tersebut. Sejak diunggah Rabu (17/3/2021), potret Gunung Merapi itu sudah disukai lebih dari seratus pengguna Twitter. Ada belasan lain yang membagikan ulang dan beberapa lainnya berkomentar.

Beberapa komentar ada yang menggambar sketas kasar sosok tua berjenggot dan mengenakan sorban menengadah ke atas seperti pendapat pemilik foto. Di sisi lain, ada juga yang mengira jika potret tersebut justru berbentuk seperti Semar, salah satu tokoh pewayangan.

Baca Juga  Reaksi Atikoh dan Ganjar Melihat Perjuangan Anak-anak Melawan Kanker

“Aku liatnya orang pake tudung kepala kumisnya putih panjang,” tulis akun @faye****.

“Terlihat seperti simbah berjanggut dan bersorban dikepala, yang sebelah kanan seperti pundaknya,” komentar akun @augustmas****.

“Saya lihat 3 wajah yang paling kiri laki-laki dengan rambut diikat seperti gajah mada, yang tengah seorang berjanggut panjang dan bersorban yang paling kanan seperti seorang wanita tua dengan tudung kepala berambut panjang,” tanggapan akun @ardi****.

Sementara akun @Denis******** mengatakan, “Menurutku sih pandangannya menerawang jauh ke depan sana.” (*/cr4)

 

Sumber : jogja.siberindo.co

News Feed