oleh

Wawali Yogyakarta Ajak Warga Donor Plasma Konvalesen

Pemerintah Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia Cabang Kota Yogyakarta telah menyiapkan plasma konvalesen buat terapi penyembuhan pasien Covid-19. Hal itu disampaikan Wakil Walikota Yogyakarta yang juga Ketua PMI Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi di Markas Palang Merah Indonesia Cabang Kota Yogyakarta, jalan Tegalgendu, Kotagede, Yogyakarta pada kamis (15/7).

“Plasma konvalesen adalah plasma yang diambil dari pasien yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19,” kata Heroe.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Plasma adalah bagian dari darah yang mengandung antibodi. Pasien yang telah sembuh dari Covid-19 yang diharapkan telah memiliki antibodi (imun terhadap covid-19).

Baca Juga  Ahmad Muzani: Prabowo Instruksikan Bantu Korban Banjir Kalteng

Melihat meningkatnya kasus Covid-19 di Kota Yogyakarta dan tingginya angka kesembuhan maka Heroe menghimbau pada warga masyarakat yang telah sembuh dari covid-19 untuk mendonorkan plasma darahnya guna membantu kesembuhan pasien covid-19.

“Silahkan datang ke kantor PMI Cabang Kota Yogyakarta guna mendonorkan plasma konvalesennya yang akan kami kelola secara profesional dengan semangat kemanusiaan,” papar Heroe.

Dalam kesempatan tersebut Lilik Kurniawan/Pengurus harian PMI Cabang Kota Yogyakarta juga menyampaikan bahwa saat ini kebutuhan plasma konvalesen di Kota Yogyakarta sangat tinggi bahkan bisa mencapai puluhan pemohon

“Meningkatnya jumlah pemohon seiring dengan kenaikan jumlah kasus Covid-19 di Kota Yogyakarta,” kata Lilik

Baca Juga  Kisah Sopir Banting Setir Jadi Pengamen Jaranan di Kota Blitar

Selanjutnya disampaikan bahwa tidak semua kebutuhan plasma konvalesen bisa dipenuhi oleh PMI. Hal ini dikarenakan jumlah stocknya masih terbatas, dari puluhan yang mendaftar untuk mendonor tidak semua bisa diambil plasma darahnya dikarenakan kondisi kesehatan pendonor yang tidak memenuhi syarat sebagai pendonor.

“Mudah-mudahan esuk akan lebih banyak pendonor yang datang ke PMI Cabang Kota Yogyakarta agar kita bisa bersama saling berbagi, saling bersinergi dalam misi kemanusian melalui donor plasma konvalesen guna kesembuhan pasien Covid-19,” pungkas Lilik.

Baca Juga  Pemprov Jateng Alokasikan Rp254 Miliar untuk Program Insentif Guru Agama

Ali, Salah seorang putra dari pasien Covid-19 yang menerima sumbangan plasma konvalesen di markas PMI Kota Yogyakarta, menuturkan rasa puasnya atas layanan PMI Cabang Kota Yogyakarta.

“Alhamdulillah malam ini ibu saya, bisa memperoleh donor plasma darah konvalesen di markas PMI, setelah siang tadi kami ajukan surat permohonannya,” kata Ali.

Dalam penuturannya selanjutnya disampaikan rasa terima kasih dan salut atas jiwa kemanusiaan dan kepedulian PMI pada sesama tanpa memandang SARA yang langsung bekerja cepat dan tepat dalam menolong sesama. (*/cr1)

Sumber: jogjakota.go.id

News Feed